GET YOUR MONEY

Wednesday, November 19, 2008

Command Line Caculator

Command line calculator dapat anda gunakan untuk mencari titik, jarak, sudut tertentu dengan menggunakan ekspresi matematik. Saat AutoCAD meminta input titik atau jarak, misalnya, anda dapat gunakan ekspresi ini dan tidak perlu menghitung-hitung atau membuat garis bantu lebih dulu.

Misalkan pada contoh berikut ini, saya ingin meletakkan block ditengah-tengah midpoint line dan center arc. Ketimbang saya membuat garis bantu, saya menggunakan command line calculator.

Caranya? Mudah saja. Saat AutoCAD meminta insertion point, ketikkan ‘CAL (dengan tanda kutip). Karena saya menggunakan dua acuan, yaitu mid point dan center point, saya ketikkan (mid+cen)/2. Tinggal pilih line, lalu arc… selesai!

Command: i
INSERT
Specify insertion point or [Basepoint/Scale/X/Y/Z/Rotate]: ‘cal
>>>> Expression: (mid+cen)/2
>>>> Select entity for MID snap:
>>>> Select entity for CEN snap:

Resuming INSERT command.
Specify insertion point or [Basepoint/Scale/X/Y/Z/Rotate]:
47.1148329,18.323037,0

Anda dapat melakukan hal yang sama saat AutoCAD meminta anda mendefenisikan jarak


artikel ini dikutip dari tentangCAD.com

No comments: